large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Dra.Hj.Heni Anita Susila,M.Pd
NIP. 19680225 199303 2 005
SEKILAS KAMPUNG KB
SEKILAS PENGARUSUTAMAAN GENDER
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


PELANTIKAN PENGURUS SATUAN KARYA PRAMUKA KENCANA KOTA CILEGON TAHUN 2018
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-03-02 -|- 09:14:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Visi dan Misi


STRATEGI DASAR GERAKAN PRAMUKA 2014-2019


(Kep.Munas Gerakan Pramuka Nomor : 10/Munas/2013)


Tantangan utama yang dihadapi oleh Gerakan Pramuka sebagai Organisasi Pendidikan nonformal yang turut berberan dalam pendidikan kaum muda Indonesia adalah bagaimana menempatkan organisasi dan kegiatan kepramukaan sebagai yang menarik dalam kehidupan kaum muda.


Melalui kegiatan Gerakan Pramuka diharapkan karakter dan kepribadian kaum muda dapat dibina dan dikembangkan guna turut serta dalam pembangunan nasional, dalam hal ini Gerakan Pramuka menjadi wadah pembentukan karakter dan kepribadian kaum muda. Berdasarkan hal tersebut, ditetapkan Visi dan Misi Gerakan Pramuka Tahun 2014-2019.


VISI


“ GERAKAN PRAMUKA MENJADI PILIHAN UTAMA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER KAUM MUDA ”


MISI


Gerakan Pramuka berkewajiban untuk memberikan peran dan kontribusinya kepada pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara. Berdasarkan hal tersebut ditetapkan


Misi Gerakan Pramuka sebagai berikut :



  1. MEWUJUDKAN GERAKAN PRAMUKA YANG MANDIRI DAN BERMUTU

  2. MEMANTAPKAN SISTEM PENDIDIKAN GERAKAN PRAMUKA YANG MENANAMKAN NILAI-NILAI KEPRAMUKAAN BAGI KAUM MUDA.


Pengertian Saka Kencana


“ Satuan Karya Pramuka (Saka) Kencana adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan”


Saka Keluarga Berencana (Kencana) adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan. Pembinaan Saka Kencana berada di bawah Gerakan Pramuka yang bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).


Krida-krida Saka Keluarga Berencana, sebagai berikut.



  1. Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR)

  2. Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK)

  3. Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE)

  4. Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).


Dalam pelantikan Pengurus Satuan Karya Pramuka Kencana Kota Cilegon Tahun 2018 sebanyak 25 Pimpinan Saka (Pinsaka) dan 7 Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) Periode 2018-2023 resmi dilantik oleh Bapak Taufiqurrohman di Aula DPRD Kota Cilegon.


Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Ibu Dra.Hj.Heni Anita Susila, Saka Pramuka merupakan wadah bagi kaum muda dalam kegiatan serta pendidikan keterampilan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan. Semoga Saka Kencana ini dapat memberikan manfaat untuk dapat mengantarkan para kaum muda Indonesia yang mempunyai keterampilan dan pengalaman di Bidang Saka.



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA